VISI SEKOLAH
Pendidikan bertujuan membentuk manusia yang memiliki keunggulan kompetitif dalam tiga ranah( Kognitif, Afektif, Psikomotor). Untuk mencapai tujuan tersebut maka diperlukan sebuah system yang kuat, maka sekolah sebagai miniatur sistem harus mempunyai tujuan dan visi yang jelas, sehingga sekolah berbasis kompetensi menekankan pada kemampuan / keunggulan yang harus dimiliki oleh lulusan jenjang pendidikan.
Pendidikan bertujuan membentuk manusia yang memiliki keunggulan kompetitif dalam tiga ranah( Kognitif, Afektif, Psikomotor). Untuk mencapai tujuan tersebut maka diperlukan sebuah system yang kuat, maka sekolah sebagai miniatur sistem harus mempunyai tujuan dan visi yang jelas, sehingga sekolah berbasis kompetensi menekankan pada kemampuan / keunggulan yang harus dimiliki oleh lulusan jenjang pendidikan.
Maka SMP Frater Padang mempunyai Visi Sekolah :
"Sekolah Ber-Bhinneka Tunggal Ika dan menyajikan pendidikan bermutu dan menyenangkan"
Ber- Bhinneka Tunggal Ika
Indikator
Indikator
Terciptanya kehidupan kerukunan beragama di sekolah Menampilkan keaneka ragaman budaya pada acara-acara yang sesuai seperti PKS Merayakan hari-hari besar agama masing-masin guru
Pendidikan Yang bermutu
Indikator
- Terlaksananya tugas Akademik maupun administrasi dengan tepat
- Meningkatnya penyelesaian tugas baik oleh siswa dan unggul dalam kelulusan
- Tercapainya SKBM yang telah ditetapkan
- Ikut sertanya siswa /I dalam perlombaan di tingkat Nasional
- Unggul dalam SDM pendidikan
Unggul dalam prestasi Akademik Akademik dan Non Akademik Menyenangkan
Indikator
Indikator
Menyajikan metode belajar yang bervariasi (input) dengan sarana prasarana yang ada Menciptakan suasana yang menyenangkan antara siswa-guru (proses) Meningkatnya motivasi mengajar & mengajar pada guru-siswa (output) Mengembangkan kurikulum KTSP
MISI SEKOLAH Memfasilitasi peningkatan iman dan ketaqwaan insan pendidikan di SMP Frater
Indikator
Indikator
- Terjalinnya kerjasama sekolah dengan institusi keagamaan
- Terlaksananya hari-hari besar keagamaan
- Meningkatnya keterlibatan aktif karyawan /guru dalam pendampingan kegiatan keagamaan
- Meningkatnya keterlibatan aktif karyawan/guru dalam penggalangan dana sosial keagamaan
- Meningkatnya ketaatan siswa beribadah dan Imtaq
Mengembangkan dan mengoptimalkan potensi guru dan karyawan/i
Indikator
Indikator
- Terlaksananya disiplin waktu guru-karyawan
- Tersusunnya perangkat pengajaran KTSP kelas 7 tiap mapel
- Terciptanya kemampuan pengelolaan kelas oleh guru
- Tersajinya bahan pelajaran dengan kreatif dan mnyenangkan
- Tersusunnya soal yang valid dan veliable
Terciptanya relevansi materi pelajaran dengan fakta yang ada ditengah masyarakat
Terawasinya pelaksanaan ujian dengan baik
Terkoreksinya hasil ujian secara benar
Terlaksananya remedial bagi siswa yang belum mencapai SKBM
Terciptanya rasa persaudaraan yang erat anatara guru-karayawan dalam setiap kegiatan sekolah.
Memaksimalkan potensi dan kompetensi peserta didik
Indikator
Indikator
- Terlaksananya tata tertib sekolah
- Terlaksananya pemanfaatan perpustakaan dengan tepat
- Terciptanya kesiapan siswa mengikuti pelajaran di kelas dengan baik
- Tercapainya kesiapan siswa dalam mengikuti evaluasi
- Tercapainya target SKBM yang ditetapkan
- Tercapainya kesiapan siswa mengerjakan tugas-tugas dengan baik dan tepat waktu
- Teraplikasinya materi pelajaran dalam kehidupan sehari-hari
- Tersalurnya bakat melalui kegiatan ekstrakurikuler yang disediakan
- Tertanamnya rasa memiliki dan cinta terhadap sekolah dan lingkungan
- Tercapainya rasa persaudaraan yang erat antar siswa-guru
- Tercapainya prestasi akademik dan non akademik
Memperkuat kesadaran terhadap nilai-nilai keanekaragaman budaya
Indikator
Indikator
- kemampuan mengahargai nilai-nilai budaya yang berbeda
- kemampuan menghargai hubungan sosial antar komunitas
- Meningkatnya kemampuan berkomunikasi yang baik antar siswa-guru dan masyarakat
- Meningkatnya kemampuan ber etiket dengan baik
- Meningkatnya kedisiplinan seluruh komponen sekolah
- Pluralisme dengan basis budaya dan nilai agama